Sabtu, 07 Januari 2012

UPAYA MENJADI GURU FAVORIT


Untuk menjadi seorang guru favorit atau dicintai oleh anak didiknya, ada beberapa modal utama untuk mewujudkannya diantaranya :
1.       Guru tersebut mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan para siswanya, baik dekat secara lahir misalkan ; menunjukan rasa perhatian kepada siswa yang sedang mengalami kesulitan dalam pemahaman materi pelajaran. Dan dekat secara batin dimana seorang guru mendoakan para siswanya agar diberikan kemudahan dalam belajar dan mencapai kesuksesan.
2.       Seorang guru pun harus mempunyai kemampuan untuk membanguan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun cara untuk menjadi guru yang menyenangkan,diantaranya :
·         Guru tersebut senantiasa memahami akan kebutuhan para siswanya,
·         Guru dapat memberikan penghargaan kepada siswanya, baik penghargaan materi, hadiah maupun kata – kata pujian untuk siswanya tersebut,
·         Guru tersebut mampu mengendalikan emosi terhadap kenakalan para siswanya,
·         Guru tersebut tidak menjaga jarak melainkan selalu mendekatkan diri dengan para siswanya.

3.       Seorang guru juga dapat berperan sebagai orangtua kedua bagi para siswanya ketika berada di ligkungan sekolah yaitu dengan memberi kasih sayang dan memberikan yang yang terbaik.
4.       Seorang guru juga harus mampu memberi motivasi terhadap para siswanya yaitu memberikan harapan, menjelaskan tujuan, membantu kesulitan yang sedang dihadapi oleh siswanya, dan memberi hadiah atau pujian.
5.       Seorang guru pun senantiasa mau menjadi sahabat mereka ( para siswanya ) dalam belaja.
6.       Seoarng guru tersebut memiliki kepribadian yang pantas untuk ditiru para siswanya seperti terus belajar dan menambah ilmu.
7.       Guru juga memiliki sikap rasa kasih sayang, sabar dalam mengajar, bisa membuat tertawa para siswanya, tidak angkuh dan sombong, tidak tertinggal zaman, memiliki jiwa seni, tidak segera menyalahkan siswanya dan menyenangi aktivitas mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar