Sabtu, 07 Januari 2012

METODE PEMBELAJARAN KARTU ILMIAH


Metode adalah sebuah tehnik dalam penerapan suatu prosedur yang akan di proses sehingga menghasilkan tujuan yang ingin di capai.
Metode pembelajaran merupakan upaya seorang guru dalam menyampaikan materi ajarnya menggunakan salah satu atau lebih tehnik penyampaian pelajaran pada proses pembelajarannya, sehingga proses pembelajarannya pun menjadi efektif.
Kartu ilmiah adalah salah satu contoh penerapan metode pembelajaran, dimana kartu yang digunakan adalah kartu yang telah dibuat dan disiapkan oleh guru tersebut. Kartu – kartu tersebut berisi materi ajar yang nantinya akan di sampaikan pada proses pembelajaran berlangsung.
Adapun hal – hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan metode ini, yaitu :

1)      Guru harus pandai memilih materi ajar yang akan disampaikan, dimana materi ajarnya berisi suatu proses, tahapan, peranan, dan beberapa contoh pendukung materi ajar tersebut.

2)     
Dalam menerapkan metode kartu ilmiah, guru  memberi bimbingan kepada siswa – siswinya untuk membentuk kelompok diskusi.

3)     
Setelah kelompok diskusi itu terbentuk, guru tersebut menyuruh ketua kelompok masing – masing maju untuk mengambil sebuah kartu ilmiah tersebut,

4)     
Setiap kelompok wajib mengikuti aturan yang ada pada kartu ilmiah  tersebut dengan cara berdiskusi bersama.

5)     
Usahakan isi materi kartu ilmiah tersebut sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelompok, sehingga memungkinkan tidak ada satupun siswa yang hanya bersantai saja melainkan mereka sibuk untuk memerankan apa yang menjadi tanggung jawabnya.

6)     
Setelah mereka ( para siswa ) selesai berdiskusi, kemudian guru pun dengan sigapnya membimbing mereka untuk menyajikan hasil diskusi  dengan peranan mereka masing –masing.
Dalam metode pembelajaran kartu ilmiah ini suasana kelas menjadi tidak monoton melainkan meyenangkan dan sangat efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar