Sabtu, 07 Januari 2012

MATERI KELAS 5 DAUR AIR


A. PENGERTIAN DAUR AIR
Daur air merupakan suatu proses dimana air mengalami perputaran dari bumi ke atmosfer dan akan kembali ke bumi, hal itu terjadi secara terus – menerus melalui                                          tahapan – tahapan sebagai berikut :
1.   Tahap evaporasi ( penguapan )
Air yang berada di lautan, danau, dan sungai akan mengalami evaporasi atau penguapan karena adanya pengaruh suhu panas yang berasal dari sinar matahari.
2.   Tahap presipitasi (pengendapan )
Setelah air mengalami proses penguapan maka akan menghasilkan butir – butir uap air.                                                  Uap air tersebut akan naik serta berkumpul di udara dan lama – kelamaan udara tersebut akan penuh sehingga udara tidak mampu menampung uap air yang cukup banyak.
3.   Tahap kondensasi (pengembuna )
Dengan adanya perubahan suhu yang cukup dingin, uap air tersebut akan berubah menjadi titik – titik air membentuk awan ( awan mendung ). Titik – titik air yang membentuk awan tersebut akan turun menjadi hujan, dimana  air hujan tersebut akan mengalir ke sungai sampai ke laut dan menguap kembali. Hal tersebut terjadi secara terus menerus tanpa berhenti.
B. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAUR AIR
1)   Hutan yang gundul akibat penebangan hutan secara liar.
2)   Pembakaran hutan untuk membuka lahan perindustrian.
3)   Pembangunan jalan dengan pengaspalan baik di kota maupun di desa.
Kegiatan – kegiatan tersebut mempengaruhi proses penyerapan air ke dalam tanah, sehingga saat hujan tidak merasap ke dalam tanah melainkan akan menjadi bencana seperti banjir.
C. UPAYA PENGHEMATAN PADA AIR
Ø  Menutup kran air segera setelah tempat penampungan air tersebut terisi penuh sehingga air tidak terbuang cuma – Cuma.
Ø  Memanfaatkan air bekas cucian apapun kecuali air bekas yang sudah tercampur zat kimia seperti sabun, deterjen dan lainnya, untuk menyiram tanaman (mangga dan bunga – bunga ).
Ø  Tidak mencuci kendaraan setiap hari, hal itu akan mengakibatkan pemborosan akan menggunakan air.
Ø  Menggunakan air seperlunya saja tidak berlebih – lebihan dalam penggunaan air bersih.

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Daur Air akan berjalan sebagaimana mestinya, dengan syarat manusia setia menjaga keseimbangan alam. Tidak ada penebangan liar, pembakaran hutan, pembakaran karbon dan aktivitas lain yang menggangu daur air.

    BalasHapus
  3. Hebat jadi tau IPA,lg UKK nih.wkwkwk

    BalasHapus
  4. Hebat jadi tau IPA,lg UKK nih.wkwkwk

    BalasHapus
  5. LG UKK,doain semoga naik kelas.amin.......jd tau tentang daur air (kls 5)

    BalasHapus
  6. wah... sangat bermanfaaat bagi saya trimakasih yang banyak ya ....

    BalasHapus